Rapat Kerja Forum Komunikasi BUMDes Kabupaten Sleman

 

Rapat di hari Senin 7 Juni 2021 di OP Room Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan dibuka oleh bapak Agus Wasiso Analis Pengembangan Ekonomi Pedesaan pada Seksi Pengembangan Potensi Masyarakat. Pada kesempatan tersebut selain dipertemukan juga perwakilan Dinas PMK, BBLM, dan direktur- direktur BUMDes se Kabupaten Sleman disampaikan maksud dan tujuan diadakannya Forum Komunikasi BUMDes, permasalahan-permasalahan yang dihadapi BUMDes serta tindak lanjut PP 11 tahun 2021 tentang BUMDes berkaitan dengan registrasi BUMDes melalui Kemenkumham. BUMDes diharapkan siap-siap mendaftarkan BUMDes masing-masing diperlukan koordinasi dengan lurah, pamong desa, serta BPKal. Hal ini berkaitan dengan perubahan Peraturan Desa, SK Lurah Pengelola, AD/ART serta penyertaan modal BUMDes.

Heri Salugu, SE, dari BBPPMD Yogyakarta meyampaikan pentinya registrasi BUMDalam dalam rangka mencatatkan diri sebagai badan hukum melalui Kemenkumham sebagaimana termuat di PP 11 tahun 2021. Dari sekiatar 45an BUMDes baru sekitar 2000an yang mendaftarkan diri di kemenkumham. Harapanya jika telah terdaftar makan bantuan-bantuan dari pusat mudah untuk diakses. Demikian pula BBPPMD siap mendampingi BUMDes dalam pelatihan/ pembuatan laporan keuanganya.

Yulianto, SE selaku Tenaga ahli kabupaten Sleman memaparkan berkaitan dengan tata cara & persyaratan-persyaratan registrasi BUMDes melalui Kemenhumkan. Serta persyaratan penyertaan modal Pemerintah Kalurahan kepada BUMDes. 

Agus BUMDes Amarta, selaku ketua forum komunikasi BUMDes memaparkan berkaitan dengan registrasi BUMDes yang telah dilakukanya, serta kelengkapan adminitrasi yang perlu dilapirkan setelah registrasi. Disamping itu memotivasi BUMDes untuk tetap berusaha dan maju bersama, serta butuh kerjasama/ sinergitas bersama dalam penjualan produk-produk BUMDes.

Diharapkan hasil dari pertemuan rakor forum BUMdes dapat menghasilkan kerjasama yang padu dan menambah manfaat bagi seluruh BUMDes di seluruh Kabupaten Sleman.

Updated: June 21, 2021 — 2:03 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *