PELANTIKAN KEMBALI DAN PENGUKUHAN LURAH KABUPATEN SLEMAN

Berdasarkan ketentuan dalam Pasal 24 ayat (1) Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, bahwa dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah dan terselenggaranya urusan keistimewaan DIY, maka kelembagaan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemerintah Desa harus selaras dengan Perangkat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka penyelarasan bentuk kelembagaan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, berdasarkan ketentuan Pasal 34 ayat (1), Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan, bahwa setelah pelaksanaan pelantikan Lurah oleh Bupati, Lurah dikukuhkan sebagai pemangku keistimewaan oleh Gubernur.

Kegiatan pelantikan Lurah oleh Bupati Sleman dan Pengukuhan Lurah oleh Gubernur dilaksanakan secara daring dipusatkan di Gedhong Pracimasana Komplek Kepatihan Yogyakarta, pada hari Kamis (22/10) dan diikuti oleh 81 Lurah se-Kabupaten Sleman di Kapanewon masing-masing. Perwakilan Lurah yang dilantik secara langsung antara lain Lurah Maguwoharjo, H. Imindi Kasmiyanta, S.Pd., Lurah Margorejo, Drs. Amad Jalaludin, Lurah Candibinangun, Sismantoro, S.H.,M.H., Lurah Selomartani, Nur Widayati, S.H., dan Penjabat Lurah Banyuraden, R. Hery Subagio.

Bertindak selaku saksi pelantikan Lurah oleh Bupati Sleman adalah Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman Drs. Joko Supriyanto, M.Si. dan Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman Drs. Budiharjo, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman mengatakan bahwa penataan kelembagaan pemerintah Kalurahan diselenggarakan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat menuju kalurahan yang berdikari, berbudaya, rukun, berketahanan, demokratis, maju, dan makmur.

Updated: November 3, 2020 — 8:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *