PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SISTEM E-VOTING TAHUN 2020 KABUPATEN SLEMAN

PILKADES SERENTAK DI SLEMAN KEMBALI DI TUNDA

 

Pemilihan Kepala Desa secara elektronik pada 49 desa di Kabupaten Sleman yang direncanakan akan digelar pada tanggal 30 Agustus 2020 mendatang akhirnya kembali ditunda.

Keputusan penundaan ini menyusul adanya Surat Pemberitahuan Menteri Dalam Negeri Nomor 141/4528/SJ tanggal 10 Agustus 2020 hal Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) yang meminta pilkades di semua daerah ditunda sampai dengan selesainya penyelenggaraan Pilkada.

Selanjutnya, penegasan terkait penundaan Pilkades oleh Kementerian Dalam Negeri juga disampaikan lewat rapat virtual yang diselenggarakan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 14 Agustus 2020 yang diikuti oleh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkades minimal dilaksanakan pada minggu ke II Bulan Desember 2020 untuk menghindari terjadi SILPA Anggaran 2020, karena pembiayaan Pilkades telah dianggarkan lewat APBD tahun 2020.

Terkait dengan tanggal pelaksanaan pemungutan suara pasca penundaan ini, telah dilaksanakan rapat koordinasi dengan Bupati Sleman, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman dan Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Daerah pada tanggal 11 Agustus 2020 dengan kesimpulan bahwa hari dan tanggal pemungutan suara Pilkades e-voting akan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2020. Adapun penetapan hari dan tanggal pemungutan suara akan segera ditetapkan dengan keputusan Bupati.

Updated: August 27, 2020 — 9:15 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *