PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SISTEM E-VOTING TAHUN 2020 KABUPATEN SLEMAN

SOSIALISASI KEGIATAN “ReKA Kala AWARD”

Untuk meningkatkan kinerja pemerintah kalurahan dalam penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan, pengelolaan keuangan kalurahan, dan pengelolaan aset kalurahan sehingga berdayaguna dan berhasilguna bagi kesejahteraan masyarakat kalurahan, diperlukan upaya mendorong pemerintah kalurahan melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan, pengelolaan keuangan kalurahan, dan pengelolaan aset kalurahan berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Salah satu upaya untuk mendorong pemerintah kalurahan dapat melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan, pengelolaan keuangan kalurahan, dan pengelolaan aset kalurahan berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu dengan memberikan penghargaan kepada pemerintah kalurahan yang berkinerja baik.

Dalam upaya pemberian penghargaan tersebut, telah ditetapkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan bagi Kalurahan Berkinerja Baik dalam Penyusunan Perencanaan Pembangunan Kalurahan, Pengelolaan Keuangan Kalurahan, dan Pengelolaan Aset Kalurahan. Selanjutnya secara teknis juga telah dijabarkan dalam Keputusuan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sleman Nomor 10/Kep. Ka. DPMD/2020 tentang Pedoman Teknis Penilaian Pemberian Penghargaan bagi Kalurahan Berkinerja Baik dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Kalurahan, Pengelolaan Keuangan Kalurahan, dan Pengelolaan Aset Kalurahan.

Pemberian penghargaan tersebut akan dikemas dalam kegiatan “ReKA Kala Award” yang merupakan akronim dari peRencanaan, Keuangan, dan Aset Kalurahan Award, dilaksanakan oleh Dinas PMD untuk setiap tahun.

Maksud pemberian penghargaan yaitu mendorong pemerintah kalurahan dalam penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan, pengelolaan keuangan kalurahan, dan pengelolaan aset kalurahan tepat waktu, meningkat kualitasnya, dan berdayaguna dan berhasil guna bagi kesejahteraan masyarakat kalurahan. Sedangkan tujuan pemberian penghargaan meningkatkan akuntabilitas pemerintah kalurahan dalam penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan, pengelolaan keuangan kalurahan, dan pengelolaan aset kalurahan.

Ruang lingkup pemberian penghargaan: a. penghargaan penyusunan perencanaan  pembangunan kalurahan; b. penghargaan pengelolaan keuangan kalurahan; dan c. penghargaan pengelolaan aset kalurahan.

Nama penghargaan penyusunan perencanaan pembangunan kalurahan terdiri dari:

  1. anugerah adikarta racana kalurahan parama untuk perencanaan pembangunan kalurahan kriteria A atau sangat baik;
  2. anugerah adikarta racana kalurahan madhyama untuk perencanaan pembangunan kalurahan kriteria AB atau baik; dan
  3. anugerah adikarta racana kalurahan purwaka untuk perencanaan pembangunan kriteria B atau cukup baik.

Nama penghargaan pengelolaan keuangan kalurahan terdiri dari:

  1. anugerah nimitta dhana  wanma nayaka untuk pengelolaan keuangan kalurahan kriteria A atau sangat baik;
  2. anugerah nimitta dhana wanma madhya untuk pengelolaan keuangan kalurahan kriteria AB atau baik; dan
  3. anugerah nimitta dhana wanma arabha untuk  pengelolaan keuangan kalurahan kriteria B atau cukup baik.

Nama penghargaan pengelolaan aset kalurahan terdiri dari:

  1. anugerah kriyapaya aiswarya grama mahattama untuk pengelolaan aset kalurahan kriteria A atau sangat baik;
  2. anugerah kriyapaya aiswarya grama madhyatama untuk pengelolaan aset kalurahan kriteria AB atau baik; dan
  3. anugerah kriyapaya aiswarya grama  samaropa untuk  pengelolaan aset kalurahan kriteria B atau cukup baik.

Selanjutnya secara teknis dapat dilihat dalam Peraturan Bupati, Keputusan Kepala Dinas PMD, dan bahan sosialisasi dibawah:

REKA KALA AWARD

Updated: July 13, 2020 — 6:24 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *