PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SISTEM E-VOTING TAHUN 2020 KABUPATEN SLEMAN

Penyerahan Data Calon Penerima BLT-DD

Rabu, 13 Mei 2020, Dinas PMD mengadakan pertemuan dalam rangka Penyerahan Data Calon Penerima BLT-DD dan Penjelasanya. Rapat tersebut diselenggarakan dengan menggunakan protokol kesehatan yaitu dengan membagi waktu rapat menjadi 3 tahap, peserta duduk dengan menerapkan physical distancing, sebelum masuk dilakukan cek suhu, cuci tangan, dan wajib mengenakan masker. Rapat dihadiri kepala desa se-Kabupaten Sleman atau yang mewakili guna mendapat pengarahan oleh Kepala Dinas PMD, Kabid Administrasi Keuangan Aset Desa, Dinas Sosial, dan BPD DIY cabang sleman selaku penyalur dana tersebut.

Sasaran BLT-DD adalah keluarga miskin non penerima bantuan PKH, BPNT, BST, bantuan sejenis lainnya dengan Besaran @Rp600.000,00 selama 3 bulan, diberikan mulai bulan Mei (Mei, Juni, Juli). Pendataan dilakukan oleh gusgas/relawan covid-19 Desa dan dibahas dalam Musdes untuk penetapan calon penerima BLT-DD secara mufakat, calon penerima hasil musdes diajukan pengesahan ke Dinas Sosial untuk dilakukan cleansing data guna menghindari dobel penerimaan bantuan. Berdasarkan hasil pengesahan dari Dinsos, desa menetapkan penerima BLT-DD dengan peraturan kepala desa sebagai dasar pembayaran kepada penerima

Jumlah penerima BLT-DD hasil pengesahan/cleansing data dari Dinsos sementara untuk 85 Desa

  1. Jumlah diajukan              : 16.886 Keluarga
  2. Jumlah tervalidasi           : 13.012 Keluarga (berhak atas BLT-DD)
  3. Jumlah terkoreksi           : 3.874 Keluarga (identik penerima program bantuan lain/tidak berhak)

Perwakilan dari Bank BPD DIY Cabang Sleman menjelaskan bahwa pencairan dapat mulai dilayani mulai hari jum’at 15 Mei 2020. Desa yang Anggaran Dana Desa Tahap I masih cukup dipergunakan untuk bantuan tersebut dapat mulai mencairkan. Desa yang siap mencairkan bantuan BLT DD pertama kali yaitu Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping.

Updated: May 15, 2020 — 6:44 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *