PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SISTEM E-VOTING TAHUN 2020 KABUPATEN SLEMAN

Pembinaan Administrasi Desa (PUPM Margodadi)

Kamis, 5 Maret 2020, Kasi Administrasi Pemerintahan Desa mengadakan kegiatan pembinaan administrasi desa di Desa Margodadi. Dasar Hukum dari kegiatan tersebut ada pada Permendagri No 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa. Kegiatan dihadiri oleh Perangkat Desa , Ketua Posyandu , Ketua PKK, Ketua LPMD Ketua Karang Taruna, Ketua BPD, dan 16 Dukuh di Desa Margodadi.

Gunardi, SIP memaparkan Maksud kegiatan untuk menata kembali pelaksanaan administrasi desa sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dalam menyelenggarakan administrasi desa yang semakin luas dan efektif sejalan dengan dinamika yang bekembang di masyarakat dan tujuannya sebagai pedoman bagi aparat pemerintah desa dalam melakukan kegiatan pencatatan penyelenggaraan pemerintahan. Pentingnya pelaksanaan administrasi desa agar tersedia data/informasi yang terdokumentasi dalam administrasi desa sebagai bahan penyusunan rencana dan perumusan kebijakan.

Dra. Sungkawati Budi Rahayu, M.Si Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan dan Kapasitas Masyarakat menjelaskan tentang peran Lembaga Kemasyarakat Desa dalam Pembangunan Desa, Berdasarkan Permendagri No 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan lembaga adat, LKD adalah wadah partisipasi masyarakat sebagai mitra pemerintah Desa dan LKD itu adalah RT/RW, LKMD, PKK, Karang Taruna dan Posyandu diharapkan dapat melakukan pemberdayaan masyarakat, ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Updated: March 5, 2020 — 7:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *