Pembinaan RT dan RW Eks Tutti Timur

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman Rabu, 10 Juli 2019 mengadakan Bimtek RT dan RW eks tuti timur, Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Budi Sutamba, peran RT/RW sangatlah penting karena informasi dari Pemerintah Kabupaten bisa langsung tersampaikan ke masyarakat dengan kerja sama yang baik dengan Perangkat Desa, dan sedikit informasi tentang E-Voting.

Acara Bimtek disampaikan dari Seksi Pencegahan Kebarakan dalam isiannya memberikan tatacara bilamana terjadi kebakaran di wilayah RT dan RW, dalam rangka upaya pencegahan bahaya kebakaran, faktor kesiapan peralatan pencegahan kebakaran, tersedianya tenaga terlatih yang profesional, serta perawatan peralatan secara rutin dan seksama.

Selain itu juga ada penyebab umum terjadinya kebakaran dan upaya pencegahannya, penyebab umum terjadinya kebakaran Faktor manusia, faktor hewani, faktor alam. Upaya pencegahan kebakaran, sekecil apapun suatu peristiwa kebakaran, maka sudah dapat dipastikan bahwa peristiwa tersebut berakibat kerugian moril maupun materiil. Menyiapkan alat pemadam api yang tepat guna, tepat media, efisien, ekonomis dan berkualitas serta penguasaan kerja alat, perencanaan instalasi listrik yang benar, waspada terhadap saran dapur (kompor, tungku pembakaran) dan lampu penerangan konvensional (lilin, lampu bakar, petromak, korek api dll), penyimpanan minyak bakar secara baik, waspada terhadap rokok, puntung rokok, hindari penumpukan jamur/kompos dalam jangka lama, waspada terhadap hewan piaraan maupun hewan liar dll. Teknis pemadaman api, prinsip dasar pemadaman api adalah dengan cara merusak keseimbangan salah satu dari ketiga unsur komponen pembentuk api yang akan menghentikan proses pembakarannya, secara teknis upaya pemadaman api dapat dilakukan dengan cara pendinginan yaitu dengan mengurangin sumber panas sampai dibawah titik nyala. Penyelimutan yaitu memisahkan udara/oxygen dengan bahan bakarnya atau mengurangi konsentrasi udara dengan bahan bakar sampai dibawah batas konsentrasi pembekarannya dengan cara pengenceran. Penutupan yaitu dengan menutup bahan bakarnya atau mengurangin jumlah bahan yang terbakar. Pemutusan Proses yaitu dengan memutus reaksi mata rantai/proses pembakarannya secara kimiawi. Alat Perlengkapan pemadam kebakaran antara lain, karung goni, ember, ganco, tangga, senter khusus, Pasir, Garu, Linggis dll. Acara terakhir disampaikan oleh Kepala Seksi Aparatur Desa, menyampaikan informasi terkait E-Voting, dalam penyampainnya diharapkan nanti masyarakat lebih mengetahui tentang Pemilihan Kepala Desa menggunakan sistem E-Voting.

Dalam Bimtek kali ini diharapkan para peserta bimtek RT dan RW diharapkan sigap dalam menghadapi kebakaran jika terjadi dilingkungan sekitar, dan bisa memberikan contoh warga supaya bisa mengatasi jika terjadi kebakaran dan bisa memberikan informasi terkait Pemilihan Kepala Desa menggunakan sistem E-Voting.

Updated: July 10, 2019 — 5:35 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *