PEMBINAAN RT RW

Jumat, 12 April 2019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan bagi RT dan RW. Acara di Buka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman. Beliau menyampaikan pentingnya RT dan RW karena dengan adanya peran RT dan RW informasi dari Pemerintah Kabupaten bisa langsung ke masyarakat, selain itu Priyo memberikan sedikit informasi tentang E- Voting.

Acara di isi oleh Ahmad Yuno sebagai Narasumber, Kewaspadaan Dini Masyarakat Dalam Membantu Pelaksanaan Pesta Demokrasi 2019. Beliau memberikan saran untuk tidak menimbulkan kerawanan sosial serta menghambat atau mengganggu lancarnya Pemilu harus dilaksanakan dan di kembangkan oleh RT dan RW sebagai lapisan Masyarakat bisa memberikan rasa kenyamanan dan kedamaian serta persatuan kesatuan bangsa bisa terpelihara. Ahmad juga memberikan contoh beberapa peristiwa yang mengganggu dan mengancam kerawanan keamanan sosial yang penting dan harus diwaspadi secara dini, White collor crime (kejahatan kerah putih) biasanya kejahatan dilakukan dikalangan pebisnis, politikus, dan birokrat seperti kosurpsi, penyalahgunaan wewenang dsb, Brutal demonstration (Demonstrasi brutal) yang merusak dan membakar fasilitas umum, Social Conflict (konflik sosial) yang meliputi tawuran antar warga, tawuran antar mhasiswa, tawuran antar pelajar, konflik antar pendatang dan penduduk asli, tawur antar pendukung caleg/capres. Ahmad mengajak kepada RT dan RW pemahaman dan kesadaran akan potensi dan peluang timbulnya gangguan keamanan di masyarakat, mengharuskan seluruh masyarakat untuk menyadari bahwa keamanan, ketenangan, ketertiban sosial dan kedamaian di masyarakat merupakan kebutuhan. Situasi kondisi yang nyaman dan damai tidak bisa hanya diserahkan kepada aparat saja, masalah tersebut harus disadari masyarakat.

Untuk mewujudkan tugas dan fungsi RT dan RW dalam penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam rangka memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia serta pemberdayaan hak politik masyarakat, maka perlu dilakukan kewaspadaan dini berupa sikap tanggap terhadap suatu perubahan atau penyimpangan dalam masyarakat yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kemanan atau konflik sosial. Kesimpulan, posisi RT dan RW sebagai Lembaga yang dibentuk Pemerintah memiliki peran dan posisi strategis suksesnya pesta Demokrasi 2019, karena suksesnya pemilu pada tahun ini akan sangat berpengaruh pula terhadap agenda akan diselenggarakannya PILKADES (Pemilihan Kepala Desa Serentak) tahun ini, dan tahun depan PILKADA (Pemilihan Kepala Daerah).

Updated: April 12, 2019 — 4:07 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *