EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA TAHUN 2018

       

 Dalam rangka pembinaan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pemerintah Desa. Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman bermaksud melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa tahun 2017. Adapun sasaran evaluasi tersebut, adalah kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa dari bulan Oktober tahun 2017 sampai dengan bulan September tahun 2018. Penetapan Desa dilakukan oleh Camat dengan mempertimbangan jenis Desa cepat berkembang, unutk 2 jenis Desa yang lain yaitu berkembang dan kurang berkembang masih diperlukan Pembinaan lebih lanjut.

        Dalam kegiatan ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman membuat tim penilai yang dibantu dari beberapa OPD antara lain BAPPEDA, KOMINFO, Dukcapil, BKAD, Bagian Pembangunan, Bidang Kearsipan, Bagian Pemerintahan, Bagian Organisasi, Bagian Hukum, Bidang Perpustakaan, Dinas Sosial, PKK, Inspektorat, dan Bidang Pemberdayaan Masyrakat serta Bidang Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan dari aspek perencanaan, Organisasi Kelembagaan Pemerintahan Desa, Akuntabilitas kinerja, Capaian kinerja, Evaluasi dan pelaporan. Kegiatan ini dilakukan sesuai indikator yang sudah dintentukan dengan sasaran Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan Lembaga Kesmayarakatan Desa ( RT/RW, PKK, Karang Taruna, dan LPMD ). Sesuai jadwal yang sudah dintetukan oleh Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2018 dari tanggal 09 – 23 Oktober 2018. Desa yang dinilai antara lain : Gayamharjo, Kalitirto, Sumberrahayu, Sendangarum, Tirtomartani, Umbulmartani, Banyuraden, Sidoarum, Argomulyo, Purwobinangun, Margoluwih, Tirtoadi, Caturtunggal, Sinduharjo, Bangunkerto, Medikorejo, dan Tridadi Desa.

         Dari rangkaian kegiatan selama 9 hari maka Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2018 akan mengakumulasi nilai yang sudah terkumpul dan akan diambil 5 Desa terbaik, yang selanjutnya pada tahun 2019 wajib melaksanakan EpdesKel sesuai Permendagri No.81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan/Perlombaan Desa.

Updated: October 23, 2018 — 11:07 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *