PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SISTEM E-VOTING TAHUN 2020 KABUPATEN SLEMAN

PENCERMATAN DRAF KEWENANGAN DESA

Pada hari Senin, 20 November 2017 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman  melaksanakan kegiatan Pencermatan Draf Kewenangan Desa Bersama OPD se-Kabupaten Sleman. Acara dimulai pukul 08.30-12.00 WIB dibuka oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.Purwatno Widodo, SH, CN. dengan moderator Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Bapak Lasiman, S.Sos dan Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Desa Bapak Bambang Kuntoro, AP., M.Si. Acara dilaksanakan di Rumah Makan Pring Sewu Jl.Magelang.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman bekerja sama dengan OPD se-Kabupaten Sleman antara lain: Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman,  Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Sosial,  Dinas Tenaga Kerja, DInas Pemuda dan Olah raga, Dinas Pertanian, dan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Bidang Pendapatan, Badan Perencanaan Pembangunan, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Penanggulangan Bencana, Kementrian Agama Kabupaten, Bagian Hukum Setda Kabupaten Sleman, Bagian Organisasi, Bagian Pemerintahan, Camat Depok, Camat Ngemplak, Camat Kalasan, serta dibantu oleh Kepala Desa Sendangagung, Kepala Desa Wukirharjo, Kepala Desa Triharjo, Kepala Desa Sumberharjo, Ketua BPD Banyuraden, Ketua BPD Girikerto, Ketua BPD Argomulyo, dan Ketua  BPD Madurejo.

Pencermatan terhadap draf dan lampiran kewenangan desa menjadi sangat penting mengingat akan diberlakukannya draf tersebut oleh desa. Dengan diadakannya penceramatan bersama OPD, perwakilan Camat, Kepala Desa dan BPD perlu adanya pembenahan baik dari unsur isi, kalimat, ejaan maupun legal drafting.

Masih perlu diadakan pembahasan dan pencermatan lebih intensif terhadap draf Peraturan Bupati tentang Kewenangan Desa direncanakan Rabu tanggal 27 November masih akan dilakukan pencermatan dan penyaringan bersama dengan Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Sleman.

Updated: November 23, 2017 — 2:11 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *